Slider

Recent Post

Kabar Kampus

Agenda Kita

Math Education

Oase

Gallery

» » » Indahnya Matematika

Matematika sebenarnya merupakan materi yang menyenangkan, jika kita pandai matematika berarti kita sudah terlatih untuk teliti, berpikir kritis dan praktis, namun banyak sekali siswa yang merasa bahwa matematika identik dengan pelajaran yang amat sulit dan menegangkan, sehingga kurang diminati oleh siswa. Berikut beberapa alternatif agar pembelajaran matematika jadi lebih menarik : 

1. Pemahaman rumus matematika dengan permainan. 

2. Penggunaan alat peraga 

3. Penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian harus dipahami benar, terutama dalam soal-soal yang bervariasi di dalam soal cerita. 

4. Sering mengadakan diskusi atau kerja sama untuk menentukan tahap-tahap penyelesaian soal-soal secara cepat, tepat dan mudah dipahami. 

5. Memperkenalkan berbagai macam bentuk bangun geometri melalui papan berpaku, sekaligus belajar mempelajari cara mencari luas dan volume bangun, mengukur panjang, pendek, berat suatu benda. Siswa dibiasakan untuk bisa menggambar sendiri bentuk bangun-bangun tersebut dan mencoba mengukur atau menimbang berat benda. Mencari simetri lipat. 

6. Fasilitas ruang kelas juga bisa digunakan sebagai alat peraga yang efisien misalnya belajar pengubinan. 

7. Untuk mengenal pelajaran pembelian, penjualan, laba dan rugi, sebaiknya melalui kegiatan membuka pasar sederhana di kelas. Siswa dianjurkan membawa uang logam atau uang kertas, dalam kegiatan tersebut selain kita mengajarkan matematika materi uang, sekaligus mengajak siswa belajar sambil bermain, anak terpacu untuk jual beli. Di samping itu mereka tahu persis berapa nominal masing-masing uan, sehingga siswa tidak merasa sulit belajar matematika tetapi justru menyenangkan. 

8. Pelajaran matematika bisa diajarkan dengan permainan seperti : rumah penjumlahan, rumah perkalian, teka teki silang matematika, dan cerdas cermat. 

9. Materi matematika dapat disampaikan melalui bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. 

10. Kunci keberhasilan matematika adalah rajin berlatih mengerjakan soal, sesering mungkin menjawab dengan cepat dan tepat dalam waktu singkat, memberi kesempatan untuk mengikuti lomba matematika baik di adakan di dalam sekolah, maupun di luar sekolah. Melalui mental aritmetika juga bagus karena melatih berpikir secara cepat dan tepat. 

11. Yakinlah bahwa matematika itu penting. Matematika menunjang kehidupan sehari-hari maupun iptek. Sukar dibayangkan jika seseorang tidak bisa mengenali angka atau menghitung paling sederhana sekalipun. Atau, kemajun teknologi tanpa disertai kemajuan matematika. 

12. Pelajarilah hal-hal menarik dan menggelitik rasa ingin tahu. 

13. Latih daya tahan menyelesaikan soal matematika. Belajar matematika terasa sulit di depan, tapi kalau sudah masuk sering lupa berhenti. 

14. Sukalah mengotak-atik soal. Kalau menghadapi soal pembuktian yang sulit, misalnya ´jika P makaQ” mintalah dia membaliknya menjadi “jika Q maka P”. Dengan cara ini soal pembuktian yang sulit bisa menjadi mudah. 

15. Canangkan dua wajib. Wajib mempelajari yang sudah dijelaskan. Wajib menyiapkan yang hendak dijelaskan, 

16. Belajar mengajar dengan sepenuh hati. Termasuk mengikuti penjelasan guru dengan senang hati dan aktif menjawab semua pertanyaan dan tugas dari guru. 

17. Kerjakan tugas hingga paham. 

18. Saling bertukar kuis buatan sendiri dengan teman dan menjawabnya. Jawaban kuis diperiksa oleh masing-masing pembuat kuis. 

19. Buatlah catatan lengkap dan rapi, ringkasan konsep dan rumus penting. Dari beberapa alternatif tersebut kita bisa mempraktekan salah satunya untuk malatih kecerdasan matematika kita. Dan diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan matematika kita.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply